EXO BTS GOT7 VIXX GD TAEYANG BTOB SUPER JUNIOR BIG BANG SHINEE INFINITE CNBLUE 2PM 2AM BIG BYUNG B1A4 FTISLAND WINNER BEAST CROSSGENE JJCC U-KISS TEENTOP NUEST BOYFRIEND MBLAQ B.A.P

Jumat, 23 Januari 2015

MANFAAT PEMUAIAN PADAT, CAIR, DAN GAS DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Manfaat Pemuaian Padat, Cair, dan Gas dalam kehidupan sehari-hari


Zat Padat

1.   Pemasangan Rel Kereta
Sambungan dua batang rel kereta selalu diberi cela. Hal ini karena jika rel kereta memuai, rel tidak menjadi bengkok/melengkung. Jika siang hari, rel bengkok/melengkung itu akan menyebabkan kereta anjlok. Oleh karena itu, saat ini rel didesain berujung runcing dan dipasang saling bertautan untuk menghindari rusaknya rel akibat pemuaian.
2.   Pemasangan kaca jendela
Kaca pada jendela dipasang tidak rapat hal ini dikarenakan jika kaca memuai kaca tersebut tidak akan pecah. Karena inilah para pemilik kaca mobil tidak menutup kaca moilnya rapat-rapat jika akan diparkir dibawah matahari dalam waktu yang lama.
3.   Celah pada konstruksi jembatan
Hal ini dilakukan untuk memberikan ruang muai pada besi. Maka ujung jembatan logam yang dibiarkan memuai ditopang dengan roda agar bias bergerak bebas.
4.   Celah pada sambungan jalan beton
Dijalan-jalan biasanya diantara 1 beton dengan beton lainnya di beri sedikit celah hal ini dimaksudkan agar beton tidak melengkung jika mengalami pemuaian.
5.   Pemasangan kawat telepon dan kawat listrik
Hal ini dilakukan untuk menghindarkan putusnya kabel listrik dan kabel telepon pada saat terjadi penyusutan pada suhu dingin.
6.   Pemasangan roda ban baja
Pemasangan roda ban baja pada sebuah lokomotif baja yang berukuran lebih kecil dari roda dipanaskan. Maka baja tersebut memuai dan roda dapat dipasang tepat pada ban. Jika menyusut sehingga ban mencengkeram roda dengan kuat.
7.   Membuka tutup botol
Jika kita sulit untuk membuka tutup botol. Kita bisa mencelupkan atau menyiramkan tutup botol dengan air panas. Setelah itu tutup botol baru mudah untuk di buka hal ini disebabkan karena muai logam lebih besar  dari pada kaca
8.    Pemasangan pita penjepit pada tong kayu
Pita logam penjepit digunakan dengan memanaskan pita penjepit tersebut. Sehingga   besar logam tersebut lebih besar dari pada tong kayu. Jika menyusut, pita logam akan terpasang dengan kuat.
9.   Pengelingan pelat logam
Mengeling adalah menyambungkan dua pelat logam dengan menggunakan paku keeling. Paku keeling dipanaskan sampai berpijar warna putih, kemudian dimasukkan kedalam lubang pelat dan ujung paku dipukul rata. Hal ini dimanfaatkan untuk badan kapal dan pembuatan bimetal

10.         Bimetal
Bimetal adalah dua buah logam yang dikeling menjadi satu. Biasanya logam yang digunakan dari invar dan perunggu. Bimetal sangat peka terhadap perubahan suhu. Jika dipanaskan bimetal melengkung kearah logam yang koefisien nya lebih kecil. Jika didinginkan bimetal melengkung kearah logam yang koefisien nya lebih besar.
Bimetal digunakan pada:
1)     Lampu sen mobil dan motor
Lampu sen berkedap-kedip karena terhubung-terputusnya kontak akibat gerakkan bimetal. Gerakan logam bimetal secara bergantian menyebabkan hambatan listrik besar sehingga lampu padam dan menyebabkan hambatan listrik kecil sehingga lampu menyala.
2)     Termostat bimetal
Thermostat adalah alat yang digunakan untuk mengatur suhu agar suhu tetap. Termostat adalah alat yang berfungsi ganda sebagai saklar otomatis dan sebagai pengatur suhu. Beberapa alat yang memanfaatkan keping bimetal dalam termostat, antara lain: setrika listrik, almari es, bel listrik, alarm kebakaran, lampu sen mobil atau motor, rice cooker, oven.

Zat Gas

Gas mengalami pemuaian ketika suhunya bertambah dan mengalami penyusutan jika suhunya turun. Pada gas tidak dikenal muai panjang dan muai luas, yang ada hanyalah muai volume gas. Dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa koefisien muai volume semua gas sama yaitu : 0,00367 /K.
Pemuaian gas digunakan yaitu pada :
1.    Balon udara
Di balon udara terjadi pemuaian udara yang berasal dari api.
2.       Ban kendaraan
Pada saat mengisi ban mobil/motor/sepeda tidak boleh terlalu penuh karena udara akan memuai saat panas maka ban mobil dapat meledak.
3.       Pengisian balon
Jangan mengisi balon dengan volume yang sangat penuh karena balon tersebut dapat meledak jika terkena panas yang lama.
4.       Teko peluit/ ketel
Karena apabila dipanaskan uapnya memuai sehingga mendorong peluit agar berbunyi.

Zat cair


1.       Sebagai contoh thermometer air raksa/alcohol digunakan untuk mengukur suhu tubuh manusia

1 komentar: